Sebagai bentuk kepedulian terhadap korban bencana banjir, ICON+ bersama dengan 20 mitra kerja Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) lainnya memberikan bantuan logistik bagi masyarakat yang terkena dampak banjir di wilayah Cengkareng dan Kalideres, Jakarta Barat (7/1). Dari ICON+, bantuan yang disalurkan berupa perlengkapan dan kebutuhan bayi, baju layak pakai, dan sembako. Semua bantuan tersebut hasil dari sumbangan ICONers.

Secara simbolis bantuan diserahkan langsung oleh Menteri Kominfo Johnny G. Plate kepada Suprapto, selaku Kepala Sekretariat Pengelola Masjid Raya KH. Hasyim Asya’ari Semanan, Kalideres, Jakarta Barat. Johnny mengatakan, dalam rangka solidaritas dan sebagai wujud dari kesadaran sosial, Kominfo mengajak para mitra kerja untuk bersama-sama membantu warga korban banjir.

“Ini kan ada masalah banjir, Kementerian Kominfo juga dalam rangka berbagai rasa dan berbela rasa dengan masyarakat ikut ambil bagian dalam membantu meringankan korban banjir, bantuan-bantuan dari mitra kerja ini dikoordinir oleh Kominfo. Bantuan tersebut berupa logistik, ada yang cepat saji yang tersedia sesuai dengan kebutuhan mereka, baik makanan maupun peralatan sehari-hari,” ungkap Johnny

Dengan mengajak mitra kerja, Menteri Kominfo berharap bantuan berupa sembako dan kebutuhan pokok lainnya ini bisa membantu meringankan warga masyarakat yang sampai sekarang masih berada di tempat pengungsian Masjid KH. Hasyim Asy’ari Kalideres.

“Jangan diukur dari jumlahnya atau waktunya yang sudah agak terlambat, tapi ini bagian dari silaturahmi dan rekatan kebangsaan kita. Itulah indahnya kita hidup sebagai bangsa, di mana kita saling membantu, kita saling memperkuat saat salah satu dari saudara kita mengalami kesulitan,” terang Johnny.

Selain disalurkan di wilayah Kalideres, Jakarta Barat, bantuan dari Kementerian Kominfo dan mitra kerja ini juga disalurkan di beberapa daerah lainnya yang terdampak banjir, seperti Jakarta Timur, Bogor, Bekasi, Depok dan beberapa daerah lainnya. Atas kerja cepat dan tanggap membantu korban banjir, Menkominfo menyampaikan terima kasih kepada 20 mitra kerja yang meningkatkan solidaritas secara bersama-sama.

“Saya berterima kasih kepada mitra kerja, mereka bereaksi sangat cepat kesadarannya, sangat tinggi mengumpulkan bantuan sesuai kebutuhan,” kata Johnny.

Pada kesempatan itu, Menteri Kominfo meminta masyarakat untuk tetap waspada dan mengikuti informasi cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika, bahwa musim hujan diperkirakan berlangsung hingga bulan Februari atau Maret mendatang.

Dia juga meminta masyarakat untuk tidak segera mempercayai informasi yang menyesatkan yang berkaitan dengan banjir. Lebih lanjut, Menteri Kominfo juga mengingatkan warga untuk turut berperan dalam menjaga lingkungan, salah satunya membuang sampah pada tempat yang telah disediakan.

Leave a Reply